Happy Soya Kalkulator Nutrisi
Logo

Pilih Alternatif Minyak Goreng Lebih Sehat, Apa yang Berubah?

Mengganti minyak goreng jadi lebih sehat sering kali disarankan bagi kamu pecinta gorengan. Saran ini boleh kamu anggap serius, karena dampaknya cukup besar lho.

Minyak goreng biasanya mengandung asam lemak jenuh tinggi. Ini membawa dampak pada makanan yang digoreng dan menyebabkan profil lipid dalam darah meningkat. Resikonya, tingkat kolesterol dalam tubuh pun lalu meningkat.

Saat memilih alternatif minyak yang lebih sehat, misalnya dengan kadar lemak tak jenuh tinggi, kamu bisa mengurangi resiko kenaikan kadar kolesterol. Gorengan yang kamu makan pun lebih sehat.

Memilih minyak goreng yang sehat itu harus teliti ya, Happy Friends. Minyak tidak dilihat dari jernihnya warna dan penampilan. Kamu bisa membaca dengan teliti informasi lengkap yang ada pada kemasan minyak goreng.

Ambil contoh pada Happy Soya Oil. Kamu akan melihat kandungan vitamin E yang sangat berguna bagi tubuh. Vitamin E adalah sumber antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas dan membuat badan lebih sehat. Vitamin E juga menjaga kesehatan kulit, keseimbangan hormon, serta menurunkan aktivitas enzim dalam tubuh.

Kamu juga akan menemukan kandungan omega 3 dan 6. Kedua zat ini dapat menjaga kesehatan jantung serta mengurangi lemak dalam hati. Asupan kedua jenis asam lemak ini juga membantu menambah energi dalam tubuh.

Nah, memilih alternatif jenis minyak goreng yang lebih sehat juga akan semakin baik bila kamu seimbangkan dengan mengubah kebiasaan penggunaannya. Menggunakan minyak goreng yang baik maksimal hanya tiga kali saja. Di luar itu, minyak goreng akan mengeluarkan senyawa berbahaya bagi tubuh.

Minyak goreng yang sudah berubah warna sebaiknya tidak dipakai lagi ya. Kamu wajib tahu nih Happy Friends, minyak goreng yang sudah dipanaskan berkali-kali akan mengalami polimerisasi yang menghasilkan zat karsinogen penyebab kanker. Bahaya, kan.

Gimana Happy Friends? Sesimpel memilih alternatif minyak goreng yang lebih sehat besar banget kan dampaknya untuk tubuh kamu. Apalagi ditambah dengan mengganti kebiasaan baru yang lebih baik. Yuk selalu jaga kesehatan biar jangan berhenti makan enak!