Happy Soya Kalkulator Nutrisi
Logo

Catat! Kesalahan Saat Menggoreng yang Sering Dilakukan

Menggoreng makanan menjadi salah satu proses memasak yang sering kita lakukan di rumah. Walau begitu, kadang masih saja ada langkah yang terlupa dan bikin gorengan gagal. Hayo, ngaku deh Happy Friends.


Saat menggoreng, ada beberapa hal yang suka terlupa atau tanpa sadar kita lakukan. Pertama adalah mulai memasak dengan suhu minyak tidak tepat. Suhu minyak yang dibutuhkan untuk menggoreng berbeda tergantung jenis bahan makannya. Sebelum masak, kamu sebaiknya memastikan suhu minyak tidak terlalu rendah juga tidak terlalu tinggi.  


Ketepatan suhu yang dibutuhkan bisa diukur dengan termometer memasak. Kamu bisa juga tes minyak dengan memasukkan sedikit bahan makanan. Jika makanan mengambang, artinya minyak sudah cukup panas untuk menggoreng. Suhu yang terlalu panas ditandai dengan keluarnya asap dari wajan.


Baca juga: Kenalan Yuk Sama 3 Wajan Wajib Pecinta Goreng-Gorengan


Memasak dengan minyak yang terlalu panas akan membuat makanan kamu terlihat matang, tetapi masih mentah di bagian dalamnya. Makanan juga akan kering dan cepat gosong. Sebaliknya, menggoreng dengan suhu minyak terlalu rendah akan membuat makanan lembek  karena menyerap minyak lebih banyak.


Kamu sebaiknya juga terus memantau proses penggorengan. Sesuaikan besaran api pada kompor selama memasak untuk menjaga ketepatan suhu minyak yang dibutuhkan. Kamu bisa mengecilkan api kalau wajan sudah mulai mengeluarkan asap.


Selanjutnya, kamu wajib banget nih memperhatikan jumlah bahan makanan yang akan digoreng. Kalau menggoreng dalam jumlah banyak, bagi bahan makanan yang mau digoreng menjadi 2-3 porsi, jangan digoreng semuanya bersamaan.Sesuaikan jumlah makanan dengan wajan yang dipakai. Menggoreng lebih baik bila tidak memenuhi wajan sehingga makanan kamu tidak berdempetan. 


Makanan juga membutuhkan ruang bergerak lho, Happy Friends. Kalau wajan tidak penuh, kamu juga bisa lebih mudah membolak-balik makanan. Semakin leluasa bahan makanan kamu di dalam wajan, maka mereka akan semakin banyak terkena panasnya minyak dan bisa matang merata. 


Terakhir, kesuksesan bikin gorengan juga ditentukan oleh ukuran bahan makanan. Makanan ukuran besar atau tebal membutuhkan proses penggorengan yang lebih lama untuk matang merata. Kamu bisa memotong makanan jadi sedang atau kecil agar proses memasak lebih mudah, terutama jika kamu memasak dalam jumlah besar.


Jika memang harus dalam ukuran besar, pastikan kamu juga memakai wajan yang tepat. Sesuaikan wajan yang kamu gunakan dengan kuantitas bahan makanan kamu. Misalnya, kamu ingin menggoreng ayam utuh dengan metode deep fry, pilihlah frying pan yang agak panjang dengan pinggiran tebal untuk memastikan ayam mengambang dan terendam di dalam minyak. 


Baca juga: Kenalan Yuk Sama 3 Wajan Wajib Pecinta Goreng-Gorengan


Nah, sudah tahu langkah-langkah menggorengnya, yuk langsung praktek, Happy Friends! Bikin gorengan selalu pakai Happy Soya Oil sebagai alternatif minyak goreng yang lebih sehat biar kamu jangan berhenti makan enak ya. Happy Soya Oil terbuat dari 100% kedelai murni yang mengandung vitamin E, omega 3 dan 6, dan lemak tak jenuh. Untuk inspirasi masakan sehatnya, kamu bisa cek langsung di sini ya.