Happy Soya Kalkulator Nutrisi
Logo

Suka Bikin Gorengan, Kamu Sudah Pakai Sutil yang Tepat?

Sutil atau dikenal juga sebagai spatula merupakan salah satu alat masak yang sering kita pakai untuk menggoreng makanan. Namun, sebagian besar dari kita bisa jadi tidak tahu pasti jenis dan kegunaan spatula yang dipakai. Padahal seperti wajan, sutil juga punya beragam tipe dan kegunaan berbeda-beda lho, Happy Friend.


Kita bisa melihat ketepatan penggunaan sutil dalam memasak jenis makanan tertentu dari bahan dan bentuknya. Nah, biar makin mantap masaknya, yuk kenali dulu sutil yang biasa ada di dapur Happy Friend.


Sutil pertama yang akan kita bahas adalah sutil kayu. Alat masak satu ini bisa dibilang aman banget untuk mengaduk masakan panas dalam jangka waktu lama. Karena terbuat dari kayu, sutil menjadi penghantar panas yang buruk sehingga bisa kamu pegang lebih lama. 


Sutil kayu adalah teman baik saat kamu memasak pakai teflon. Kayunya tidak akan menggores dan bikin teflon kamu awet. 


Nah, ada satu hal nih yang harus jadi catatan. Setelah memakai sutil kayu, kamu disarankan untuk mencucinya sampai bersih dan pastikan sudah kering sebelum digunakan kembali. Sutil ini bisa menyerap rasa dan aroma dari masakan. Jika tidak dicuci bersih tentu bisa mempengaruhi rasa masakan kamu selanjutnya.


Kedua adalah sutil aluminium. Sutil ini biasanya digunakan untuk menggoreng ikan, ayam atau menumis. Kebalikan dari sutil kayu, sebaiknya kamu jangan menggunakan spatula alumunium saat memasak dengan teflon karena rawan tergores.


Saat membeli sutil satu ini, pilihlah yang terbuat dari bahan agak tebal. Sutil yang tipis cenderung mudah rusak dan tidak berumur panjang. Apalagi bagi kamu yang berencana untuk lebih sering masak di rumah. Pastikan juga ada lapisan pelindung plastik di ujungnya agar tidak panas saat memasak.


Selanjutnya, kenali sutil yang memiliki lubang-lubang panjang pada bagian pipinya sebagai sutil berongga. Fungsi rongga pada spatula ini untuk meniriskan minyak saat diangkat agar makanan cepat kering. Alasan ini lah yang membuat sutil berongga cocok digunakan untuk menggoreng dengan minyak sedang hingga banyak.


Jenis spatula selanjutnya adalah sutil silikon yang dibuat dengan teknologi tinggi menggunakan silikon yang tahan panas. Meski begitu, sutil ini tidak cocok digunakan saat kamu menggoreng deep fry dengan suhu yang terlalu panas.


Sutil silikon untuk lebih tepat dipakai saat memasak sayuran tumis, scramble egg atau nasi goreng. Bahannya membuat sutil ini luwes dan memudahkan proses mengaduk masakan serta tidak merusak wajan.


Terakhir adalah sutil jepit. Alat satu ini agak jarang ditemukan karena tidak biasa digunakan pada rumah tangga Indonesia. Bentuknya merupakan gabungan dari spatula pipih dan penjepit. Sutil jepit cocok diperlukan saat kamu memasak makanan yang secara rutin harus dibolak-balik.


Sekarang sudah familiar dengan fungsi sutil yang ada di dapur kamu, kan? Berarti waktunya kita masak. Jangan lupa menggunakan Happy Soya Oil sebagai alternatif minyak goreng yang lebih sehat.


Dalam setiap pemakaian Happy Soya Oil, kamu bisa menikmati kebaikan 100 persen kedelai yang tinggi vitamin E, Omega 3 & 6, serta lemak tak jenuh. Semua kandungan ini baik untuk kesehatan serta dapat menambah nutrisi pada makanan kamu lho. Happy cooking, Happy Friend!