Happy Soya Kalkulator Nutrisi
Logo

Puasa Ramadan Tetap Sehat di Tengah Covid-19

Ramadan tidak terasa telah hadir di tengah kita. Di saat yang sama, kita juga sedang dilanda Pandemi Covid-19. Bulan Suci mau tak mau akan terasa sangat berbeda dari tahun-tahun biasanya. Ada keterbatasan untuk berkumpul bersama keluarga. Berbuka puasa bersama pun menjadi rencana yang tidak bisa terlaksana. Beribadah juga dianjurkan untuk dilakukan secara mandiri di rumah. Meski terbatas, semuanya wajib dilakukan untuk menghindari penyebarluasan wabah Virus Corona.


Puasa kali ini, kita disarankan untuk menjaga kesehatan serta imunitas berkali-kali lipat. Sahur dan berbuka menjadi kesempatan untuk memberikan asupan gizi dobel pada tubuh. Konsumsi makanan berkarbohidrat kompleks agar badan menyimpan lebih banyak energi. Kandungan ini bisa kamu temukan pada bahan-bahan seperti nasi merah, kentang, atau roti gandum.


Untuk meningkatkan sistem imun dan menjaga massa otot, penuhi asupan protein harian kamu. Variasikan lauk-pauk dengan beragam makanan, yaitu telur, ikan, dan daging. Jangan lupa mengkonsumsi lebih banyak sayuran dan buah untuk memenuhi kebutuhan serat tubuh.


Minum lebih banyak air putih saat sahur dan berbuka agar terhindar dari dehidrasi. Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan terhindar dari rasa lemas. Selain itu, cukup air putih saat sahur juga bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama.


Jika asupan nutrisi sudah terpenuhi, olahraga pun tetap harus dijalankan. Aktivitas ini juga ampuh meningkatkan sistem kekebalan imun saat berpuasa. Olahraga membantu meningkatkan kadar imunoglobulin A yang cenderung turun saat berpuasa. Tidak hanya itu, hormon endorfin pengurang rasa stres pun ikut naik. Efektif banget buat kamu yang dilanda kebosanan karena tidak bisa kumpul buka puasa bersama teman-teman.


Selama Ramadan, kamu bisa melakukan berbagai olahraga ringan. Berjalan kaki, jogging di sore hari dan bersepeda bisa jadi pilihan. Kamu juga bisa mengikuti kelas olahraga online biar lebih seru. Lakukan aktivitas ini 30 menit menjelang berpuasa untuk menghindari dehidrasi dan badan menjadi lemas.


World Health Organization (WHO) dalam surat edarannya juga menghimbau untuk selalu menjaga kebersihan dan selalu menaati pembatasan sosial. Jika kamu harus keluar, pastikan untuk menghindari perkumpulan besar serta menggunakan pelindung diri. Lebih baik lagi, pakai baju panjang dan masker. Setelah bepergian, cuci tangan dengan sabun, bersihkan diri, dan berganti pakaian.


Jaga kesehatan selama berpuasa untuk sambut Hari Kemenangan penuh suka cita. Selamat menjalankan ibadah Ramadan, Happy Friend!