Happy Soya Kalkulator Nutrisi
Logo

Tips Aman Menggoreng Untuk Pemula

Bagi orang yang baru belajar masak, menggoreng makan bisa jadi hal yang tricky nih. Takut terciprat minyak panas, ketumpahan minyak waktu lagi masak, sampai khawatir makanan gosong karena tidak memahami tingkat kematangan makan. Duh, serem banget jadinya.


Kalau kamu baru belajar masak, jangan patah semangat dulu ya. Ada trik mudahnya kok. Soalnya, memasak memang sebenarnya tidak semenakutkan itu. Kita hanya harus tahu celahnya dan membiasakan diri. Catat tips berikut ini biar kamu makin jago masaknya!


Ketahui wajan yang tepat

Ada dua jenis wajan yang umum digunakan di rumah, yaitu wajan pan-fry dan deep-fry. Wajan pan-fry punya karakteristik datar serta lebar. Tipe ini biasanya digunakan untuk menggoreng dengan sedikit minyak. Misalnya, chicken fillet atau masak tumis-tumisan.


Sementara itu, wajan deep-fry punya permukaan dalam dan bentuknya besar. Kamu bisa menggoreng makanan yang membutuhkan minyak lebih banyak. Wajan jenis ini cocok buat bikin ayam goreng atau tempura.


Perhatikan suhu minyak

Saat menggoreng, pastikan minyak sudah cukup panas. Kamu bisa liat dengan memasukkan sedikit bahan makanan. Bila sudah mengambang atau ada gelembung, berarti minyak sudah mencapai suhu yang tepat.


Jika makanan sudah dimasukkan saat minyak belum panas, masakan kamu bisa gagal lho. Sementara, masakan akan cepat gosong bila suhu minyak terlalu panas.


Jangan takut cipratan minyak

Memang serem sih melihat letupan-letupan minyak panas. Apalagi, saat kita memasukkan makanan dan cipratannya meloncat ke arah tangan kita. Namun, di situlah seninya memasak sesuatu yang digoreng. Kamu lebih berani aja, nanti juga akan terbiasa.


Biar minyak tidak terlalu meletup, masukkan makanan pelan-pelan dan jarak dekat. Melempar makanan ke dalam minyak panas sangat tidak dianjurkan. Kamu bisa memakai celemek atau baju lengan panjang saat memasak untuk menghindari cipratan minyak. Jika makanan sudah dimasukkan, kamu bisa menutup wajan selama proses memasak. 


Fokus

Masakan juga tidak boleh ditinggal ya. Saat digoreng, makanan tetap harus dibolak-balik agar matang merata. Suhu api pun lebih baik disesuaikan. Bila sudah terlalu lama, minyak akan semakin panas dan membuat makanan cepat matang atau gosong. 


Jangan lupa, tiriskan minyak pada makanan. Kamu bisa pakai saringan atau tisu berbahan tebal. Minyak yang sudah dipakai pun sebaiknya tidak digunakan berulang kali ya.


Nah, kalau lagi ingin makan gorengan sehat, gunakan Happy Soya Oil sebagai salah satu alternatif minyak goreng kamu di rumah.Produk dari 100% kedelai murni ini punya banyak banget manfaat buat tubuh. Di antaranya adalah kandungan Vitamin E, Omega 3&6, serta lemak tak jenuh. Masakan pun jadi semakin sehat.


Semangat ya belajar memasaknya!