Tips Membuat Saus Salad yang Sehat

Jakarta, 09 January 2017

Dengan penggunaan bahan-bahan yang kaya nutrisi seperti sayuran, buah, dan kacang-kacangan, salad merupakan salah satu pilihan menu makanan sehat. Menikmati seporsi salad yang bergizi membantu Happy Friends mendapatkan sajian mengenyangkan yang rendah kalori dan lemak, sekaligus memenuhi kebutuhan gizi harian. Agar sajian salad lebih lezat, salad biasanya disajikan bersama saus salad. Sayangnya, tidak jarang saus salad yang digunakan mengandung lemak dan kalori tinggi. Niat untuk menikmati salad sebagai sajian sehat pun buyar hanya karena saus salad yang salah.

Sebenarnya membuat saus salad yang lezat dan sehat itu tidak sulit kok, Happy Friends. Cara terbaik untuk mendapatkan saus salad yang sehat adalah membuat saus salad sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan yang lebih sehat. Happy Friends bisa mencari resep saus salad yang sehat dari berbagai sumber ataupun membuat kreasi saus salad sendiri. Pelajari pula beberapa tips membuat saus salad sehat dan lezat berikut ini:

1. Gunakan pemanis alami

Saus salad yang lezat memiliki keseimbangan rasa yang tepat, jadi Happy Friends mungkin perlu menambahkan sedikit pemanis pada saus salad. Tapi daripada menggunakan pemanis seperti gula pada saus salad, Happy Friends bisa menggunakan pemanis alami seperti madu atau buah-buahan. Haluskan saja buah seperti strawberry, raspberry, dll dan campur dengan saus salad. Happy Friends juga bisa menggunakan buah-buahan tersebut dalam salad untuk memberikan rasa manis yang alami.

2. Tetap gunakan bahan yang mengandung lemak sehat

Lemak tetap dibutuhkan dalam jumlah yang tepat, karena lemak membantu penyerapan beberapa macam vitamin seperti vitamin A, D, E, dan K. Karena itu, gunakan sedikit lemak sehat pada saus salad, misalnya minyak dengan kandungan lemak tidak jenuh seperti Happy Soya Oil, alpukat, dll.

3. Gantikan bahan dalam resep saus salad yang biasa dengan bahan lain yang lebih sehat

Beberapa jenis saus salad menggunakan krim atau mayonnaise untuk mendapatkan tekstur yang kental. Tapi Happy Friends bisa menggantikan bahan tersebut dengan bahan yang lebih sehat dan memiliki konsistensi yang sama, misalnya yoghurt atau alpukat dan tahu sutra yang dihaluskan. Penggantian bahan-bahan tinggi lemak dengan bahan yang lebih sehat seperti ini bisa dilakukan pula pada resep saus salad lainnya.

4. Bumbui saus salad dengan bahan-bahan segar

Saus salad dalam kemasan biasanya mengandung kalori dan garam yang lebih tinggi. Karena itu, Happy Friends bisa menggunakan bahan-bahan segar untuk membuat saus salad. Misalnya, perasan lemon untuk memberi rasa asam, paprika yang dipanggang dan dihaluskan untuk memberikan rasa dan aroma smokey yang lezat, alpukat atau tahu sutra yang dihaluskan untuk memberi tekstur kental pada saus salad, rempah seperti lada hitam, coriander, dll untuk memperkaya rasa saus salad. Cara ini tak hanya membantu membuat saus salad yang lebih rendah kalori, tapi juga lebih kaya gizi.


Setelah mendapatkan resep saus salad lezat dan sehat, Happy Friends bisa membuat saus salad tersebut dalam jumlah agak banyak dan menyimpannya dalam wadah tertutup rapat di dalam kulkas, sehingga Happy Friends bisa menikmati salad dengan lebih mudah dan cepat. Saus salad ini mungkin bisa juga Happy Friends sebagai olesan sandwich atau saus celupan bagi hidangan lain. Tak ada alasan lagi untuk mengatakan bahwa salad sehat itu hambar dan membosankan, kan?

Untuk cantik dan sehat tubuh perlu perawatan dari dalam tubuh dengan mengkonsumsi makanan yg baik tubuh, soya misalnya. ;) #SoyaCulture
DAFTAR NEWSLETTER

Dapatkan info nutrisi, resep dan artikel