Aneka Tips Memasak Buah untuk Hidangan Spesial

Jakarta, 01 January 0001

Buah-buahan merupakan salah satu bahan makanan yang cukup fleksibel. Selain dapat dimakan langsung, buah-buahan pun enak jika diolah ke dalam berbagai masakan. Sebut saja cake, pie, kebab, hingga aneka saus makanan penutup dapat Happy Friends olah dari buah-buahan.

Seperti yang kita tahu, buah-buahan memiliki kandungan nutrisi yang luar biasa lengkap dan berguna bagi tubuh. Aneka vitamin, mineral, antioksidan, hingga zat-zat penting lainnya dapat memerangi berbagai penyakit serta menjaga kekebalan tubuh dari serangan virus. Selain fungsinya yang baik untuk kesehatan, buah-buahan juga memiliki rasa khas yang beraneka ragam. Mulai dari manis segar, manis lembut, asam, hingga pahit seperti buah mengkudu.

Nutrisi penting dapat diperoleh dari aneka buah segar. Namun jika Happy Friends ingin variasi yang berbeda, dibawah ini kami sajikan inspirasi olahan dari buah-buahan. Yuk, simak bersama!

Digoreng

Mungkin teknik pengolahan buah dengan cara digoreng sudah tidak asing lagi. Yup, berbagai buah seperti pisang, apel, nangka, hingga nanas pun dapat dijadikan camilan gorengan yang enak. Potong buah-buahan tersebut, lalu celupkan ke dalam campuran tepung, air, dan telur. Setelah itu goreng hingga kuning keemasan. Renyahnya balutan tepung bertemu dengan lembutnya buah membuat hidangan sederhana ini cocok disantap bersama dengan secangkir teh hangat.

Dibakar

Bagi Happy Friends yang suka membuat hidangan barbecue, buah yang dibakar pun bukanlah sebuah hal baru lagi. Meskipun warnanya akan menghitam, tetapi untuk beberapa buah justru akan menimbulkan rasa dan aroma yang berbeda ketika dibakar. Misalnya seperti plum, tomat, nanas, dan persik. Buah-buahan ini cukup dipotong, lalu rendam ke dalam air selama sepuluh menit. Setelah itu tiriskan buah, dan oleskan margarin sebelum dibakar. Hati-hati, jangan sampai api terlalu besar agar tidak terlalu gosong.

Direbus

Beberapa buah dapat disantap dengan cara direbus, contohnya pir, apel, dan jambu biji. Dalam salah satu resep makanan penutup yaitu poached pear, buah pir biasanya direbus dengan air, gula, batang kayu manis, dan kulit lemon hingga matang. Setelah itu air rebusannya dimasak hingga berkurang cairannya dan agak terkaramelisasi menjadi sirup. Setelah itu pir disajikan dengan sirupnya atau dengan tambahan es krim di atasnya. Pir akan terasa manis dan lembut, cocok disajikan setelah menyantap hidangan yang gurih seperti steak.

Dibekukan

Ingin membuat smoothies tanpa tambahan es? Mudah, Happy Friends cukup bekukan buah sebelum diblender. Buah-buahan seperti strawberry, pisang, raspberry, mangga, dan lainnya dapat dibekukan di dalam freezer semalaman. Setelah itu, jika ingin membuat smoothies yang lezat, Happy Friends bisa menambahkan air, susu, yogurt, bahkan sayuran ke dalam blender yang sudah berisi buah beku. Atau jika ingin membuat sorbet, Happy Friends cukup memblender buahnya saja. Tambahkan sedikit daun mint agar rasanya lebih “nendang”. Happy Friends juga dapat mengatur tekstur sorbet yang diinginkan. Ingin lebih lembut, blenderlah lebih lama sampai halus. Ingin yang masih ada potongan buahnya? Blender tidak usah terlalu lama dan terlalu halus.

Dijadikan saus

Saus dari buah? Yup, biasanya dinamakan dengan coulis. Cara membuatnya tidak terlalu sulit. Blender buah yang diinginkan, biasanya buah berry, lalu masak bersama gula pasir di dalam saucepan. Setelah matang, saring dan jadilah coulis. Teksturnya lembut dan kental mirip dengan konsistensi sirup. Coulis ini biasanya disajikan sebagai saus pada makanan penutup, baik yang manis, maupun yang gurih. Misalnya seperti es krim, gelato, pudding, dan lainnya.

Untuk cantik dan sehat tubuh perlu perawatan dari dalam tubuh dengan mengkonsumsi makanan yg baik tubuh, soya misalnya. ;) #SoyaCulture
DAFTAR NEWSLETTER

Dapatkan info nutrisi, resep dan artikel