Yuk, Santap Makanan Sehat dengan Harga Terjangkau

Jakarta, 01 January 0001

Ketika berpikir tentang bahan makanan sehat, apa yang ada di benak Happy Friends? Makanan sehat harganya mahal dan hanya bisa didapatkan di supermarket besar atau toko khusus? Hapus anggapan bahwa makanan sehat haruslah mahal karena dibawah ini ada daftar makanan sehat yang relatif terjangkau untuk dikonsumsi sehari-hari.

Kita tidak bisa menampik bahwa memang banyak bahan makanan sehat yang harganya cukup mahal. Makanan sehat yang biasa disebut superfood ini harganya mahal karena masih diimpor dari luar negeri. Sedangkan di Indonesia masih sedikit yang bisa menanamnya dengan baik, karena harus secara organik dan butuh penanganan ekstra. Sebut saja superfood seperti quinoa, Brussels sprouts, kale, spirulina, goji berry, dan lainnya yang cukup sulit didapatkan dengan harga murah.

Namun Happy Friends jangan khawatir. Kita juga bisa tetap mengonsumsi makanan sehat dengan harga yang relatif lebih murah dan mudah didapat. Jadi selain tetap mendapat asupan gizi, harganya juga tidak menguras kantong Happy Friends. Apa saja bahan makanan tersebut?

Telur

Bahan makanan yang satu ini kerap menjadi favorit orang-orang karena selain sehat, harganya pun cukup murah. Mengolahnya pun tidak sulit karena dapat dijadikan berbagai hidangan. Telur ini menjadi salah satu makanan sehat karena mengandung 6 gram protein dan 72 kalori tiap butirnya. Salah satu penelitian di Louisiana menemukan bahwa menyantap telur untuk sarapan, dapat menurunkan berat badan. Antioksidan yang terkandung di dalam telur juga dapat menyehatkan mata. Apa hidangan telur favorit Happy Friends?

Wortel

Sayuran dengan beta karoten ini cukup murah dan mudah didapatkan. Wortel juga terkenal dengan kandungan vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Dengan mengonsumsi wortel, Happy Friends dapat mengurangi risiko terkena penyakit mata seperti katarak. Buat jus wortel dengan kombinasi apel dan air jeruk lemon untuk mata yang lebih sehat.

Ubi

Ubi sering dianggap sebagai makanan tradisional yang biasa saja tanpa kandungan vitamin. Padahal ubi memiliki banyak nutrisi seperti vitamin A, C, dan zat besi. Antioksidan yang terkandung di dalamnya dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas. Di Amerika kini ubi kerap digadang-gadangkan sebagai makanan sehat pengganti kentang. Jadi dibanding mengudap cemilan kentang goreng, mereka lebih memilih ubi panggang yang lebih sehat. Bagaimana dengan Happy Friends di Indonesia?

Bayam

Siapa yang tak kenal dengan makanannya Popeye ini? Bayam dikatakan sebagai sayur yang mudah didapat dengan harga yang cukup murah. Selain mudah didapat, kandungan nutrisinya juga berlimpah. Sayuran ini mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin A dan C, zat besi, mangan serta folic acid. Dengan mengonsumsi bayam, Happy Friends akan terhindar dari masalah anemia.

Apel

Buah ini mudah sekali dijumpai dengan berbagai variannya. Mulai dari apel Washington hingga apel Malang, semuanya baik untuk dikonsumsi. Pasalnya, apel memiliki kandungan serat yang tinggi dan diperkaya dengan vitamin A dan C. Tak heran, banyak yang mengonsumsi apel sebagai camilan saat diet karena kandungan tinggi seratnya yang membuat perut kenyang lebih lama. Tak hanya itu, apel juga dapat memerangi kanker dengan antioksidan yang dikandungnya. Jadi, peribahasa “An apple a day, keeps the doctor away” memang benar adanya.

Pisang

Si kuning yang banyak variannya ini dikenal sebagai buah yang menyehatkan. Kandungan potassium yang tinggi dapat menurunkan tekanan darah, membuang kelebihan sodium dalam tubuh, dan juga menjaga kesehatan tulang. Selain menyehatkan, pisang juga mudah diolah menjadi berbagai hidangan. Mulai dari yang sederhana seperti pisang goreng, hingga aneka olahan cake seperti banana cake.

Untuk cantik dan sehat tubuh perlu perawatan dari dalam tubuh dengan mengkonsumsi makanan yg baik tubuh, soya misalnya. ;) #SoyaCulture
DAFTAR NEWSLETTER

Dapatkan info nutrisi, resep dan artikel