5 Jenis Yoga yang Harus Diketahui Pemula

Jakarta, 10 Desember 2013

          Saat ini yoga menjadi aktivitas yang rutin dilakukan banyak orang sebagai salah satu pilihan untuk menjaga kesehatan. Yoga berhubungan erat dengan meditasi dan pikiran untuk fokus menggerakan tubuh. Yoga juga bisa dilakukan oleh wanita maupun pria. Wanita yang melakukan yoga disebut sebagai yogini. Sedangkan untuk pria disebut yogis atau yogin. Happy Friends pasti sudah akrab dengan yoga. Namun, bagi yang baru ingin mencoba yoga ada baiknya mengenali beberapa jenisnya agar sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan tubuh Anda.

          Sebenarnya terdapat beragam jenis yoga yang diajarkan di kelas yoga. Perbedaannya ditentukan dari kenyamanan dalam gerakan, aliran pernapasan, ketepatan dan keselarasan pada tiap jenis yoga. Untuk itu, ada baiknya Happy Friends mengetahui lima jenis yoga yang paling umum.

1. Hatha

Yoga ini sangat cocok untuk pemula karena gerakannya halus dan lambat, sehingga mudah diikuti. Hatha juga fokus kepada pernapasan dan meditasi untuk menyeimbangkan kesehatan pikiran dan tubuh. Manfaat Hatha antara lain untuk meregangkan otot dan mengurangi stres.

2. Iyengar

Jenis yoga yang satu ini tidak berbeda jauh dari Hatha. Perbedaannya terletak pada fokusnya. Iyengar fokus pada keseimbangan dan keselarasan tubuh. Selain itu, yoga Iyengar menggunakan alat peraga seperti selimut, tali, dan blok. Yoga ini juga baik untuk pemula.

3. Bikram

Bikram menjadi salah satu yoga yang paling digemari. Yoga ini dilakukan di suhu ruangan panas hingga 40 derajat celcius selama 90 menit, sehingga tidak dianjurkan untuk orang yang memiliki masalah jantung dan darah tinggi. Meski bisa menyebabkan dehidrasi dan hipertemia, Bikram bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otot, menurunkan berat badan, dan mencegah cedera.

4. Kundalini

Untuk Happy Friends yang senang bergerak, ada baiknya mencoba Kundalini. Yoga ini fokus pada gerakan-gerakan cepat. Gerakannya dilakukan melalui pose pernapasan, nyanyian, dan meditasi. Bila Anda ingin mendapatkan ketenangan jiwa dan raga, sangat cocok melakukan Kundalini.

5. Astanga

Di antara keempat jenis yoga lainnya, gerakan Astanga merupakan yang paling agresif. Pergerakan gaya satu ke gaya lainnya sangat cepat. Tujuannya untuk membangun daya tubuh. Yoga ini tidak cocok untuk pemula, karena pernapasannya harus teratur. Sehingga lebih cocok dilakukan untuk yang berpengalaman.

          Selain melakukan yoga untuk menjalani hidup sehat, jangan lupa untuk menjaga pola makan Anda. Olahlah makanan dengan Happy Soya Oil. Semoga Anda bisa memilih jenis yoga yang sesuai dengan kemampuan masing-masing. Nah, di antara kelima jenis yoga di atas, mana yang pernah atau ingin Happy Friends coba?

 

Sumber:

http://health.liputan6.com/read/2018430/jenis-jenis-yoga-berdasarkan-tingkat-kesulitannya

http://indotopinfo.com/jenis-yoga-style.htm

https://id.wikipedia.org/wiki/Yoga

Untuk cantik dan sehat tubuh perlu perawatan dari dalam tubuh dengan mengkonsumsi makanan yg baik tubuh, soya misalnya. ;) #SoyaCulture
DAFTAR NEWSLETTER

Dapatkan info nutrisi, resep dan artikel